Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Transportasi di Kepulauan Meranti : Sebuah Peluang Usaha

Written By Info Meranti on Sunday, 21 August 2011 | 13:57

Transportasi di Kepulauan Meranti, baik di antara kecamatan atau desa dalam Kabupaten, maupun antar kabupaten masih terasa kurang, apalagi kalau sudah berada pada hari-hari libur sekolah atau cuti umum lainnya. Seperti saat bulan Ramadhan mendekati Hari Raya nanti tiketnya sudah habis, yang ingin berencana merayakan Lebaran ini di Selat Panjang dan sekitarnya atau dari Selatpanjang pergi keluar daerah mesti memesan tiket ini jauh hari lagi, jika tidak pupuslah harapannya. 
Jalur Transportasi selama ini terutama antar Kabupaten dan sebagian besar antar kecamatan di Kepulauan Meranti adalah menggunakan Kapal laut, Speedboat atau Ferry yang umumnya dimiliki  oleh swasta, Kita ambil contoh transportasi Selatpanjang - Pekanbaru, ada beberapa angkutan, Pertama : KM. Jelatik dengan waktu perjalanan 12 jam lebih dengan harga tiket Rp. 80.000,- (kamar);  2 Speedboat Forti dan Garuda Express menggunakan kombinasi speedboat (pku - perawang) - bus (perawang - buton) - speedboat (buton - selatpanjang) pulang pergi dengan jarak tempuh 4 jam dan harga tiket di hari biasa Rp. 100.000,; Ketiga : Speedboat Meranti Express yang mennggunakan Speedboat langsung dari Pekanbaru melayari Sungai Siak menuju ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan waktu dan harga tiket yang tidak jauh berbeda dengan 2 pesaingnya Forti dan Garuda Express.

KM. Jelatik Angkutan Selat Panjang - Pekanbaru (PP)
Dengan 2 trip sehari Forti dan Garuda pun pada hari-hari biasa atau ujung minggu kedua angkutan ini sering kehabisan tiket, apalagi pada saat hari libur menjelang lebaran ini, sementara KM. Jelatik yang mampu mengangkut lebih banyak walaupun waktu tempuhnya lama tetap diminati penumpang, karena masih tergolong murah (untuk tiket deck), mungkin karena kalah bersaing dengan speedboat Pemiliknya tidak menambah armada lagi hanya ada satu kapal sehingga tidak setiap hari ada.
Intinya, angkutan dengan waktu tempuh tercepat dengan harga yang bersaing masih berpeluang untuk di tambah, sebuah peluang bagi para investor yang berminat menanamkan modalnya disini, sampai suatu saat jembatan antara pulau sumatera dengan pulau tebing tinggi terbentuk atau saat Ferry Roro antara Buton - Mengkikip jalan, peluang juga tetap ada untuk angkutan Bus atau Travel. 

0 komentar:

Post a Comment